Sunday, March 15, 2009

Jejak Maling di Kampus Unlam Banjarbaru


Mendengar kasus pencurian, bagi civitas Unlam tak lagi asing. Namun dari sekian kasus, hanya sedikit yang terungkap motif dan pelakunya. Sinyalemen keterlibatan orang dalam turut mengundang tanya di benak kita. Kok bisa?

Maraknya kasus pencurian akhir-akhir ini membuat resah warga kampus. Dalam satu bulan terakhir sudah beberapa kali warga kampus yang melaporkan kehilangan barangnya. Rata-rata barang yang hilang adalah Laptop, HP dan sejumlah uang. Modus pencuriannya beragam yaitu ada beraksi malam hari ketika pemilik sedang tertidur dengan cara membongkar bagian-bagian rumah. Ada juga siang hari yang disaat waktu orang sedang sepi dan lengah.

Saat dimintai keterangan, salah satu satuan pengamanan kampus (Satpam), sdr. Susanto mengaku sulit untuk membuktikan adanya keterlibatan langsung orang dalam pada kasus-kasus pencurian di Unlam Banjarbaru. “Hal itu bisa saja terjadi karena keteledoran korban sendiri,” ujarnya. Seperti yang terjadi di salah satu perumahan Dosen Unlam Banjarbaru yang mana di halaman rumahnya tidak ada penerangan sama sekali membuat maling dengan leluasa beraksi.

Pihak Unlam menampik anggapan yang mengindikasikan adanya sindikat pencurian yang beroperasi di Unlam. Dari pengamatan selama ini dinilai, pelaku kasus-kasus pencurian yang terjadi selama ini bukan dilakukan oleh komplotan orang yang sama. Bahkan beberapa kasus, pelakunya beraksi secara sendiri-sendiri. Meski demikian aksi mereka dilakukan berbekal pengetahuan situasi dan kondisi target yang cermat.

Khusus mengenai masih maraknya pencurian motor, kemungkinan juga disebabkan ulah beberapa warga kampus sendiri yang kurang mendukung. Hal itu menurutnya bisa dilihat dari ulah beberapa orang yang suka memarkir motornya di sembarang tempat. Sebagai upaya meningkatkan keamanan maka di parkiran disarankan dilakukan pemeriksaan STNK pengendara sebelum keluar dari areal parkir.

Suatu kenyataan bahwa terhadap beberapa kasus pencurian di Unlam Banjarbaru, hanya sebagian kecil saja pelakunya yang akhirnya ditemukan. Tim Keamanan mengakui sulitnya melacak pelaku pencuri di Unlam Banjarbaru. Salah satu kendala, banyak titik-titik masuk dan keluar di Unlam Banjarbaru. Titik-titik itu, memudahkan siapa saja bisa masuk ke kampus, termasuk para pencuri. Agar pencuri tidak leluasa, maka kesadaran para pengguna areal parkir dan fasililitas umum lain, seperti mesjid dan mushallah agar lebih berhati-hati menjaga barang miliknya. Waspadalah!


3 comments:

gekoclay said...

hahaha fotonya mantap tuh


dimana mengambil foto nya tuh

langsung dari TKP kah

Anonymous said...

jua ae tc...yg jadi malingnya ampun blog sendiri..hahahaha....

Unknown said...

Hayo...siapa tuh sob malingnya...Demi keamanan tuh waspada & jangan lengah dari situasi sob...tul nggak. Salam sukses aja sob

Post a Comment

Cari di sini :

Gabung Yuk!

Guest Book


ShoutMix chat widget

Tukeran Banner :

Hifni - Story
Image by Cool Text: Logo and Button Generator - Create Your Own